Powered By Blogger

Translate

Protected by Copyscape Online Copyright Search

About Me

Foto Saya
lihat segalanya lebih dekat dan kau akan mengerti... @deepview

Daftar Pengunjung

Recent post

Comments

Followers

Quotes

"...Hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.."
(QS. Ar Ra’d, 13:28)

Populares

24 Mar 2009

BeLajar Merangkai Kabel UTP




Teman,

Tau kah kamu tentang kabel UTP?
Kemaren aku lagi belajar bikin kabel (eh bukan bikin ding, coz kabelnya kan v beli di toko .. :D) , aku sedang merakit kabel (bukan juga) membuat kabel ( sama aja kayak membuat donk ya ?!) halah... halah susah bener bahasanya.. yah pokoknya mah begitulah, belajar merangkai kabel UTP.

Kalo kita belajar tentang transmisi data kita pasti akan mengenal dengan yang namanya kabel UTP yaitu kabel khusus yang dibutuhkan untuk transmisi data .UTP merupakan kepanjangan dari Unshielded Twisted Pair . Kenapa unshielded ? karena kabel ini tidak begitu tahan terhadap interferensi elektromagnetik, dan di sebut twisted pair karena karena di dalamnya terdapat pasangan kabel yang disusun seperti twist atau saling berlilitan.

Kabel Twisted Pair ini terbagi menjadi dua jenis yaitu shielded twisted pair (STP) dan unshielded twisted pair (UTP). STP adalah jenis kabel yang memiliki selubung pembungkus sedangkan UTP tidak mempunyai selubung pembungkus. Untuk koneksinya kabel jenis ini menggunakan konektor RJ-11 atau RJ-45.

Ada 2 tipe untuk mengkonfigurasi kabel yaitu ==> straight dan cross

--Tipe Straight


Katanya ni, tipe ini adalah yang paling mudah di buat, Karena di tipe ini korespondensinya terjadi langsung 1-1. (tapi dalam prakteknya susah juga loh kalau kata aku, cz aku nyoba ga bisa-bisa n_n). jika lihat pengalaman praktek kemaren satu kabel yang kita bikin itu ga bikin sukses untuk transmisi data soalanya jika langsung digunakan pin2 yang tersusun ada yang berfungsi ada juga yang tidak, misal nie kita coba ke computer yang satu kemudian berhasil ngirim data (ping) tapi untuk menerima balik ga bisa atau sebaliknya….

Standar pengurutan kabel tipe Stright adalah (untuk pangjkal dan ujungnya sama)

1. Putih Orange,
2. Oranye
3. Putih hijau
4. Biru
5. Putih biru
6. Hijau
7. Putih coklat
8. Coklat

Pengurutanya kita lihat dari kiri ke kanan lubang konektor . Tapi tidak usah ikut standar pewarnaan itu juga sebenarnya tidak masalah. Yang penting urutan kabelnya. Misal ujung pertama urutan pin pertamanya oranye muda, maka ujung yang lain urutan pin pertamanya juga harus oranye muda, jadi antar ujung saling nyambung.(tapi untuk amannya lebih baik ikuti standar…hehehe)

Sebenarnya pada kenyataannya tidak semua pin tersebut digunakan. Yang penting adalah pin nomor 1,2,3 dan 6. Jadi misal yang disambung hanya pin 1,2,3 dan 6 sedangkan pin yang lain tidak dipasang, tidak jadi masalah.

Tipe straight ini digunakan untuk sambungan yang berbeda misal untuk menghubungkan antara PC dengan Hub atau Switch.

Tipe Cross

Untuk tipe cross itu digunakan untuk menyambungkan langsung antar dua PC, atau yang umumnya digunakan untuk menyambungkan antar hub. (misalnya karena colokan di hubnya kurang).

Cara pemasangannya juga sebenarnya mudah, sama seperti tipe straight,pin yang digunakan juga sebenarnya hanya 4 pin saja, yaitu pin 1, 2, 3 dan 6. Bedanya adalah cara pasangnya.

Kalau pada tipe cross,
• pin 1 disambungkan ke pin 3 ujung yang lain,
• pin 2 ke 6,
• pin 3 ke 1 dan
• pin 6 ke 2.

Bingung ya…??? :D
Cara Mudahnya begini dalam kabel pasti ada pangkal dan ujungnya kan , nah pangkal kabel UTP yang kita buat menggunakan tipe Stright dan Untuk ujungnya kita pake tipe Cross.

Pangkal Kabel

1. Putih orange
2. oranye
3. Putih hijau
4. Putih biru
5. biru
6. hijau
7. Putih coklat
8. coklat

Maka Ujung kabelnya:

1. Putih hijau
2. hijau
3. Putih orange
4. Putih Biru
5. biru
6. orange
7. Putih coklat
8. coklat

Mau mencoba ??
separador

0 Komentar:

Posting Komentar

vhie_@slie. Diberdayakan oleh Blogger.